Ini Rahasia dan Cara Membuat Restoran Kamu Sukses

Ini Rahasia dan Cara Membuat Restoran Kamu Sukses

Membangun sebuah bisnis hingga menjadi sangat sukses memang sungguh sulit. Tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Apalagi bila sudah terlanjur membangun bisnis berskala menengah ke atas seperti restoran. Sudah ada banyak modal yang dikeluarkan tetapi hasil tidak sepadan. Bagi Anda yang masih mencari cara membuat restoran menjadi laris dan banyak pengunjung, ini dia solusinya. Berikut adalah 5 tips membuat restoran menjadi kebanjiran pelanggan.

1. Unik Adalah Kunci!

Unik Adalah Kunci!

Cr : unsplash/@louishansel

Secara logika, untuk apa seseorang datang ke restoran yang tidak menarik? Karena itulah, dibutuhkan keunikan dalam setiap restoran. Anda bisa menonjolkan keunikan tersebut di bidang apapun, mulai dari dekorasi, pilihan menu, fasilitas, sistem pembayaran dan masih banyak lainnya. Konsep unik yang banyak digunakan di beberapa tahun belakangan adalah restoran bergaya aesthetic. Mereka menyediakan spot foto yang unik dan tidak ada di tempat lain.

Baca juga: Ide Bisnis Masakan Setelah Pandemi!

2. Menu Otentik Selalu Mengundang Selera

Menu Otentik Selalu Mengundang Selera

Cr : unsplash/@foodiesfeed

Ada dua jenis pebisnis dalam dunia wirausaha, yakni first mover dan fastt follower. First mover adalah orang pertama yang bergerak dalam menjual sesuatu, sementara fast follower adalah orang yang cepat memodifikasi ide dari first mover. Secara keseluruhan, keuntungan untuk menjadi first mover lebih banyak dibandingkan fast follower. Orang akan mengingat restoran pencetus dibandingkan restoran peniru.

Untuk bagian menu, ciptakan dan sediakan menu yang belum pernah ada sebelumnya. Setidaknya, belum ada yang menjualnya di daerah tempat Anda mendirikan usaha. Dengan ini, orang akan penasaran dan akhirnya mencoba bagaimana rasa dari menu otentik restoran Anda.

3. Promo dan Diskon Always Works

Promo dan Diskon Always Works

Cr : unsplash/@tamananna_rumee

Hampir semua orang selalu mengejar diskon. Potongan harga memang tidak diragukan lagi menjadi salah satu media promosi yang paling cepat dan efektif. Apalagi jika restoran Anda memiliki menu otentik dan suasana yang nyaman. Berikan promo dan diskon ketika Anda masih melakukan opening.

Tidak perlu setiap hari, berikan promo dan diskon sesuai dengan syarat ketentuan berlaku. Sesuaikan syarat dengan kepentingan restoran, misalnya follow Instagram atau upload foto menu di feeds. Ketika restoran sudah mulai kebanjiran pelanggan, Anda bisa mengurangi frekuensi pemberian diskon dan promo. Meskipun sekali dua kali harus tetap ada event promo, diskon ataupun giveaway.

4. Buat Orang Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama dengan Eksterior Restoran

Buat Orang Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama dengan Eksterior Restoran

Cr : unsplash/@praveeeeeeeen

Hal pertama yang dilihat calon pelanggan adalah bagian luar dari restoran. Jika restoran tampak menarik, tidak sedikit orang yang akan mau mencoba berkunjung. Seimbangkan nuansa yang ditimbulkan oleh bagian interior dan eksterior. Jangan sampai Anda lupa untuk menghias eksterior karena sibuk mempercantik bagian dalamnya saja.

5. Pilih Tempat yang Strategis

Pilih Tempat yang Strategis

Cr : unsplash/@lizarusalskaya

Memilih tempat menurut dasar manajemen operasional perlu mementingkan beberapa hal, mulai dari ketersediaan bahan baku, jauh dekatnya dengan pelanggan dan transportasi operasional. Anda perlu mendekatkan diri dengan pelanggan agar lebih maksimal dalam hal promosi. Menyediakan tempat parkir yang cukup untuk pelanggan juga sangat penting. Semakin sering orang melihat restoran Anda, mereka akan semakin tertarik untuk mencoba masuk ke sana.

Itulah 5 cara membuat restoran menjadi sukses dan banyak pelanggan. Kelima hal ini seringkali diremehkan kekuatannya oleh pebisnis pemula. Satu tambahan lagi, berikan pelayanan terbaik Anda kepada semua pelanggan. Sapa mereka dengan senyum dan layani sepenuh hati. Pelanggan akan bisa merasakan afeksi non verbal tersebut bila crew restoran melakukannya dengan senang hati.

Tinggalkan Balasan