Teknologi Bisnis

5 Inspirasi Bisnis Kuliner Yang Akan Booming Di 2023

Tidak terasa saat ini kita sudah memasuki akhir tahun 2023 dan segera menuju tahun 2024. Tentunya di tahun yang baru tersebut akan ada beberapa perubahan dalam berbagai hal, termasuk dalam bisnis kuliner. Seperti yang kita ketahui bahwa inspirasi bisnis kuliner cenderung berubah-ubah meskipun tidak begitu drastis.

Untuk Anda yang sedang mencari usaha di bidang kuliner, tidak ada salahnya untuk melihat jenis makanan yang kemungkinan laris manis di tahun 2023. Tanpa berlama-lama lagi, simak 5 inspirasi bisnis kuliner yang akan booming di tahun 2023.

1.     Ayam Geprek

Hampir semua orang pasti tahu tentang menu ayam geprek yang sudah ada sejak beberapa tahun terakhir. Meskipun sudah cukup lama, namun masih banyak masyarakat yang menginginkan makanan satu ini. Hal itu dikarenakan ayam geprek memiliki rasa yang mudah diterima oleh banyak orang dengan level kepedasan yang berbeda-beda.

Untuk memulai usaha ayam geprek ini juga dapat dimulai dengan modal kecil. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir harus mengeluarkan modal awal yang besar untuk membuka gerai ayam geprek. Dengan kemudahan tersebut, ayam geprek bisa menjadi salah satu inspirasi bagi Anda yang ingin memulai bisnis kuliner di tahun 2022.

2.   Croffle

Apakah Anda familiar dengan kudapan bernama Croffle ini? Makanan satu ini sebenarnya mulai viral di Indonesia sejak beberapa bulan lalu. Hal itu dipicu oleh seorang penyanyi asal Korea Selatan yang menunjukan croffle sebagai makanan favoritnya. Efeknya, kini tidak jarang gerai yang membuka kedai croffle dengan pilihan berbagai topping.

Cita rasa yang dihasilkan memang unik dan cukup digemari karena memiliki rasa manis yang khas. Pembuatan makanan ini menggunakan bahan dasar adonan croissant dan dimasak dengan memakai alat pencetak waffle. Makanan ini bisa menjadi salah satu inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan. Anda mungkin bisa mengkreasikan lagi croffle yang dibuat dengan bahan dan topping sesuai selera konsumen.

3.     Makanan Beku atau Frozen Food

Inspirasi bisnis kuliner selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan adalah makanan beku atau sering disebut frozen food. Hal itu dikarenakan frozen food ini bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Ditambah lagi saat ini masih dalam kondisi Endemi Covid-19 sehingga masyarakat tidak perlu beli makanan lagi dari luar.

Apalagi penjualan makanan beku ini bisa dilakukan secara online tanpa perlu melalui supermarket saja. Hal inilah bisa menjadi peluang usaha kuliner untuk Anda karena modalnya pun cukup mudah, yakni lemari pendingin yang pasti sudah ada di rumah dengan aplikasi di smartphone. Bagian yang perlu Anda lakukan adalah melakukan promosi dan menjual makanan beku tersebut melalui aplikasi pesan antar. Tentunya hal itu jauh lebih mudah dan sangat menguntungkan.

4.     Makanan Sehat

Setali tiga uang dengan makanan beku, makanan sehat juga sering diminati oleh masyarakat saat ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kita masih ada di suasana Endemi Covid-19 sehingga menerapkan pola hidup sehat sangat penting. Salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan sehat.

Khusus untuk perkotaan, permintaan makanan sehat cukup tinggi sehingga ini juga bisa jadi inspirasi bisnis kuliner. Jenis makanan sehat ini bisa buah-buahan  maupun sayuran yang masih segar. Hal ini pun sangat mudah dilakukan dengan modal yang cukup minim.

5.     Makanan Rumahan

Jenis usaha kuliner terakhir yang akan booming di tahun 2023 adalah makanan rumahan. Usaha masakan rumahan ini cukup banyak dicari, khususnya para perantau dan pekerja yang rindu dengan masakan seperti itu. Untuk Anda yang memiliki kemampuan memasak yang baik, hal ini bisa menjadi salah satu inspirasi bisnis kuliner menjanjikan.

Anda bisa memperluas usaha melalui aplikasi jasa pesan antar sehingga peluang mendapatkan konsumen sangat besar. Modal untuk pembuatan makanan pun tidak besar jika Anda cermat membeli bahan masakan yang murah di pasar.

Demikian 5 inspirasi bisnis kuliner yang akan booming di tahun 2023. Kira-kira usaha mana yang akan Anda jalankan pada tahun 2023 nanti?   

Marketing RMA

Recent Posts

Laptop AI 2025 Vivobook S14: Inovasi Canggih untuk Pengalaman Komputasi Masa Depan

Dalam era digital yang semakin maju, kebutuhan akan perangkat yang mampu mendukung produktivitas, kreativitas, dan…

4 hari ago

Cara Teknologi Membantu Bisnis Kecil Tumbuh Cepat di Era Digital

Di era digital yang semakin maju ini, bisnis kecil memiliki peluang lebih besar untuk tumbuh…

3 minggu ago

Konsumsi Minuman Manis Berlebihan: Ancaman Diabetes di Kalangan Anak Muda Indonesia

Indonesia saat ini menghadapi tantangan besar dalam sektor kesehatan, salah satunya adalah peningkatan kasus diabetes,…

4 minggu ago

Meningkatkan Efisiensi Bisnis dengan ClickUp: Platform Manajemen Proyek Masa Kini

Dalam era digital saat ini, kemampuan untuk mengelola tugas, proyek, dan kolaborasi tim secara efisien…

4 minggu ago

Generasi Z Rentan Alami Kecemasan: Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental

Generasi Z adalah kelompok individu yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Mereka tumbuh di…

1 bulan ago

Perang Kecerdasan Buatan: Gemini vs. ChatGPT dalam Mempengaruhi Bisnis Digital

Bisnis digital telah menjadi pusat perhatian dalam beberapa tahun terakhir, dengan teknologi yang terus berkembang…

1 bulan ago