Tips & Trik

3 Strategi Bisnis Kuliner Terbaik untuk Mendapatkan Untung Maksimal

Saat ini bisnis kuliner cukup banyak kita temukan di lingkungan rumah maupun jalanan mengingat potensinya tinggi. Tentunya dalam memulai bisnis kuliner atau bisnis apapun perlu adanya strategi yang pas dan terencana. Tujuannya agar bisnis yang kita kelola mendapatkan untung yang maksimal dan bisa menjadi mata pencaharian utama di masa depan.

Selain memahami target pasar yang lebih rinci, Anda juga harus memahami strategi apa yang tepat untuk pemasaran produknya. Untuk itu, Anda yang baru terjun ke bisnis makanan harus memahami 3 strategi bisnis kuliner terbaik agar bisa mendapatkan untung maksimal sebagai berikut.

  • Manfaatkan Media Sosial

Peran media sosial saat ini sangat penting sebagai salah satu strategi bisnis kuliner yang tepat. Apalagi banyak orang yang sudah memiliki akun media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, maupun Tiktok sebagai alat untuk eksistensi dan promosi bisnis.

Cobalah untuk mengunggah konten-konten yang berhubungan dengan bisnis Anda seperti menu makanan baru, aktivitas bisnis kuliner, atau tips-tips yang berhubungan dengan kuliner secara konsisten sebisa mungkin setiap hari. Tujuan hal tersebut adalah menaikan ketertarikan bisnis kuliner Anda dengan calon pelanggan. Maka dari itu, tidak jarang media sosial beberapa tahun terakhir menjadi salah satu strategi bisnis kuliner yang cukup efektif.

  • Bekerja Sama dengan Influencer

Pada dasarnya poin yang satu ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Jika pada poin pertama kita sendiri yang melakukan promosi, maka pada poin kedua ini kita kerja sama dengan pihak ketiga yang bisa disebut sebagai influencer.

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah influencer ini, khususnya jika Anda aktif di media sosial. Keberadaan influencer ini turut andil dalam mempromosikan produk atau jasa yang kita jual. Secara umum, influencer ini memiliki pengikut yang sangat banyak dalam akun media sosialnya dan juga memiliki kesan yang baik terhadap konten buatannya.

Maka dari itu, menggunakan jasa influencer adalah salah satu strategi bisnis kuliner yang cukup efektif saat ini untuk bisa mendapatkan calon pelanggan lebih cepat. Jika Anda tertarik dengan jasa ini, pastikan memilih influencer yang berhubungan dengan bisnis kuliner yang Anda kelola. Lalu pastikan juga anggaran untuk influencer tersebut sesuai dengan kesepakatan bersama.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Makanan Yang Cocok Untuk Millenials!

  • Manfaatkan Layanan Pesan Antar

Strategi bisnis kuliner selanjutnya yang terbaik saat ini adalah memanfaatkan layanan pesan antar seperti Gofood, GrabFood atau Shopee Food. Kondisi pandemi Covid-19 membuat layanan pesan antar menjadi sangat laris dan membuat peluang usaha bisnis kuliner lebih mudah dilakukan.

Dengan adanya jasa layanan pesan antar ini, calon konsumen bisa membeli produk makanan Anda di manapun dan kapanpun hanya melalui smartphone saja. Tidak hanya itu saja, di dalam aplikasi layanan pesan antar juga terdapat penilaian dan komentar dari pelanggan yang sudah membeli makanan. Dengan begitu, potensi menaikan penjualan bisnis kuliner Anda jauh lebih besar.

Dari ulasan di atas kita bisa melihat bahwa strategi bisnis kuliner terbaik di zaman digital ini adalah memanfaatkan media sosial dan berbagai platform sejenisnya. Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak membutuhkan toko untuk bisnis kedepannya. Apabila perkembangan bisnis Anda sudah sangat maju, cobalah pertimbangkan untuk membuat toko bisnis kuliner sehingga calon pelanggan pun mengetahui tempat usaha Anda.

Marketing RMA

Recent Posts

Generasi Z Rentan Alami Kecemasan: Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental

Generasi Z adalah kelompok individu yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Mereka tumbuh di…

6 jam ago

Perang Kecerdasan Buatan: Gemini vs. ChatGPT dalam Mempengaruhi Bisnis Digital

Bisnis digital telah menjadi pusat perhatian dalam beberapa tahun terakhir, dengan teknologi yang terus berkembang…

1 hari ago

Fintech dan Disrupsi Industri Keuangan: Menyongsong Era Baru Layanan Keuangan Digital

Industri keuangan tradisional telah mengalami berbagai perubahan signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Salah satu perubahan…

2 hari ago

AI Generatif Bikin Geger Dunia Kreatif, Desainer Grafis Terancam Kehilangan Job?

Kehadiran teknologi kecerdasan buatan (AI), khususnya AI generatif, kini mulai mengguncang industri kreatif. Teknologi ini…

6 hari ago

Bisnis UMKM Meledak di TikTok Shop, Pemilik Warung Kecil Raup Omzet Puluhan Juta per Hari

Fenomena bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mengalami lonjakan drastis melalui platform TikTok…

1 minggu ago

Atur Gaji dan THR di Bulan Ramadan 2025: Cara Agar Keuangan Terjaga

Bulan Ramadan 2025 merupakan waktu yang penuh berkah, namun juga bisa menantang dalam hal pengelolaan…

3 minggu ago