Berikut Salah Satu Strategi Saat Ini dalam Mobile Marketing
Mencapai target audiens yang luas dan terhubung secara lebih personal menjadi tujuan utama dalam pemasaran. Di era digital sekarang yang terus berkembang, mobile marketing menjadi landasan dasar dalam strategi pemasaran suatu produk.
Mobile marketing menjadi salah satu sarana pemasaran tidak terlepas dari adopsi penggunaan smartphone yang masif di kalangan masyarakat. Oleh sebab itu, mengetahui strategi untuk mengoptimalkan mobile marketing menjadi penting.
Di artikel ini, kami akan membahas salah satu strategi mobile marketing terkini, yaitu teknik pemasaran dengan menggunakan video interaktif. Nah, pada artikel ini akan dijelaskan panduan langkah-langkah mengimplementasikan strategi tersebut dan strategi khusus untuk mengoptimalkannya. Yuk simak artikel ini!
Definisi Marketing Menggunakan Video Interaktif
Pemasaran menggunakan video adalah pemasaran dengan menggunakan format video untuk mempromosi produk yang akan dijual. Akan tetapi, pemasaran menggunakan video interaktif adalah pemasaran dengan menggunakan video yang melibatkan audiens secara aktif.
Tren pemasaran menggunakan video ini pun meningkat secara signifikan sejak 2016. Bahkan menurut riset dari Wyzowl, 91% perusahaan menggunakan pemasaran dengan menggunakan video.
Selain itu, 82% konsumen pun lebih memilih pemasaran dengan menggunakan video dan melakukan pembayaran setelah menonton video marketing. Oleh sebab itu, tren pemasaran dengan menggunakan video sedang menjadi strategi yang menarik untuk menarik konsumen.
Panduan langkah-demi-langkah untuk mengimplementasikan strategi Mobile Marketing
1. Tujuan Pemasaran
Menentukan tujuan pemasaran adalah sesuatu yang penting dan harus dilakukan di awal. Tujuan dapat berbagai macam, seperti apakah akan melakukan branding produk, edukasi produk ke konsumen dan lain sebagainya.
Memikirkan target audiens juga masuk dalam tujuan pemasaran, target audiens dapat berupa umur, siapa yang akan menggunakan produk tersebut. Dengan mengetahui hal tersebut, dapat membuat konten yang lebih terarah
2. Membuat Video Interaktif
Setelah mengetahui tujuan dan target audiens, membuat konten berupa video adalah langkah selanjutnya. Storyboard adalah gambaran umum secara visual akan ada adegan seperti apa saja yang ada di dalam video.
Di tahap ini, menggambar storyboard dan mengerjakan skrip dapat ditulis secara lengkap. Membuat video interaktif ini pun tetap harus mempertimbangkan tujuan dan target audiens.
3. Promosi menggunakan media sosial
Media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan Tiktok menjadi wadah yang sangat cocok untuk mempromosikan video pemasaran.
Akan tetapi, untuk hasil yang lebih baik pastikan melakukan pengoptimalan pada deskripsi, tag, dan judul video. Ini dilakukan supaya memudahkan audiens yang tepat dan sesuai dengan tujuan pemasaran.
4. Menggunakan adsĀ
Menggunakan promosi seperti google ads, facebook ads dapat memperluas peluang video yang dibuat untuk dikenal oleh lebih banyak orang. Selain itu, dengan cara ini dapat menargetkan audiens yang lebih spesifik dan relevan.
Strategi khusus untuk mengoptimalkan konten mobile marketing dari segi pemasaran
Menggunakan salah satu strategi mobile marketing khusus untuk mengoptimalkan konten video marketing dapat dilakukan supaya lebih efektif. Selain itu, dengan memahami konten video marketing bukan hanya tentang memadukan teks dan gambar, tetapi lebih dari itu.
Oleh sebab itu, membuat video pemasaran yang interaktif, melibatkan audiens penting untuk dilakukan. Melakukan Call-to-action dalam pembuatan konten video dapat dilakukan, supaya audiens dapat secara aktif ikut serta saat menonton video.
Selain itu, melakukan panjang dari durasi video juga dapat menentukan sebuah pemasaran. Oleh karena itu, pembuatan video pemasaran dengan menyesuaikan perilaku audiens sangatlah penting.
Kesimpulan
Demikianlah pembahasan tentang strategi terkini dalam mobile marketing. Pentingnya melakukan mobile marketing dalam era digital ini, di mana pengguna smartphone sudah sangat luas di kalangan masyarakat. Strategi mobile marketing, khususnya video interaktif dapat membantu mencapai target audiens secara luas. Melalui promosi menggunakan video ini kita dapat menjangkau audiens secara luas, tetapi juga dapat secara spesifik dan sesuai tujuan.